Tragedi Teror 3 Hari di Mumbai 13 Tahun Lalu, Tergambar dalam Film Hotel Mumbai

Hari ini, 26 November, adalah hari terjadinya peristiwa teror di Mumbai, India. Mumbai yang merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak dan lokasi strategis bagi perekonomian membuat kejadian teror ini disorot oleh Dunia.

Peristiwa ini bahkan diadaptasi oleh film berjudul Hotel Mumbai. Hotel Mumbai adalah film yang dirilis tahun 2018 besutan sutradara berkebangsaan Australia, Anthony Maras. Dilansir dari laman imdb.com, film yang dibintangi oleh Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi, Jason Isaacs, dan Anupam Kher ini menceritakan tentang seorang staff Hotel Taj Mahal yang mengorbankan keselamatan nyawanya saat peristiwa teror 26 November 2008.

Kisah dalam Hotel Mumbai diangkat Maras berdasarkan hasil risetnya bersama penulis John Collee dengan mewawancarai korban dan saksi mata peristiwa yang terjadi pada November 2008. Dalam film ini, Maras sang sutradara tidak perlu panjang lebar dalam menyampaikan kisah teror.

Film ini diawali dengan sosok Arjun (Dev Patel), seorang ayah muda yang sedang berjuang mengumpulkan uang menjelang kelahiran anak keduanya. Maras kemudian menceritakan proses kedatangan teroris menggunakan sebuah perahu lalu membagi menjadi beberapa kelompok dan pergi menggunakan taksi.

Dibumbui sedikit drama seperti terlambat datang bekerja dan sepatunya yang basah, Maras langsung menyuguhkan teror ke penonton ketika terjadi adegan penembakan di stasiun dan kafe serta pengeboman di sebuah hotel mewah, Hotel Taj Mahal.

Malam itu jadi sangat mencekam. Anthony Maras begitu memperlihatkan banyak detail sebuah peristiwa pembunuhan yang membabi buta. Para teroris ini sesungguhnya pemuda yang masih gelisah akan tindakan yang mereka lakukan. Mereka menjalankan tugas atas nama jihad. Di sisi lain menghadapi perintah yang seolah bertolak belakang dengan ajaran agama.

Film ini jauh dari kata aksi heroik. Maras dengan sangat cerdik membagi peran ke masing-masing pemeran secara merata. Sehingga kisah pasangan kaya Zahra (Nazanin Boniadi) dan David (Armie Hammer) yang meninggalkan bayi di kamar bersama pengasuh (Tilda Cobham-Hervey) untuk menikmati makan malam di restoran hotel, berkelindan dengan warga Rusia (Jason Isaacs), flamboyan yang merencanakan pesta kecil bersama beberapa wanita di kamarnya.

Tamu-tamu penting ini juga terjalin dengan aksi pengabdian kepala koki (Anupam Kher) dan pelayan Arjun (Dev Patel) yang rela melakukan evakuasi di tengah kecamuk kebingungan dan ketakutan dari orang-orang bersenjata, juga keinginan bisa selamat dan kembali pada keluarga.

Atas tayangan Hotel Mumbai yang menyentuh dan detail, film ini berhasil memenangi 9 penghargaan dan 27 nominasi.

NAUFAL RIDHWAN ALY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.