Terpopuler Bisnis: Rumah Sakit Soal Kelas Rawat Inap BPJS, 360 Ton Ikan Mati

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Senin, 13 Desember 2021, dimulai dari rumah sakit minta tarif kelas standar dinaikkan jika kelas rawat inap BPJS Kesehatan dihapus hingga 362 ton ikan mati di Danau Maninjau.

Adapula berita tentang BCA membantah terlibat dalam pembuatan bursa kripto dengan Telkom Indonesia dan Binance Holdings hingga soal PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai 3 Januari 2022.

1. Kelas Rawat Inap BPJS Dihapus, Rumah Sakit Minta Tarif Kelas Standar Dinaikkan

Rencana pemerintah menghapuskan kelas rawat inap untuk peserta BPJS Kesehatan pada tahun depan menuai reaksi dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau Persi.

Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan Persi Daniel Wibowo menyatakan, dengan adanya penerapan rawat inap kelas standar bagi peserta BPJS Kesehatan itu, maka pemerintah harus menetapkan tarif yang sesuai dengan biaya operasional rumah sakit terkait.

Apalagi, kata Daniel, indeks tarif pembayaran klaim kepada rumah sakit tak naik signifikan selama delapan tahun belakangan. Padahal di saat yang sama, biaya beban layanan kesehatan terus meningkat.

Daniel menjelaskan, data historis menunjukkan indeks biaya tarif rawat jalan dan inap selama tahun 2015-2019 tidak berubah. “Artinya, yang diterima rumah sakit ini tidak naik. Bahkan, selama perjalanannya lebih banyak pembatasan-pembatasan untuk pasien jaminan kesehatan nasional (JKN),” tuturnya ketika dihubungi, Ahad, 12 Desember 2021.

Pembatasan manfaat kepada peserta JKN itu yang kemudian turut membatasi rumah sakit untuk memberikan layanan kesehatan kepada pasien. Artinya akses layanan kepada pasien JKN yang menurun belakangan turut memengaruhi pendapatan rumah sakit.

Baca berita selengkapnya di sini.

1234 Selanjutnya

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat kematian ikan di Danau Maninjau bertambah menjadi 362 ton akibat kekurangan oksigen di perairan danau vulkanik itu.

“Ini data yang kita peroleh dari petani keramba jaring apung di empat nagari atau desa adat,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosva Deswira di Lubukbasung, Senin, 13 Desember 2021.

Ia mengatakan, sebelumnya kematian ikan di Danau Maninjau hanya 350 ton pada Minggu sore tersebar di Nagari Tanjung Sani 50 ton dan Nagari Koto Kaciak 300 ton. Namun kematian ikan itu bertambah 12 ton, di Nagari Koto Gadang 10 ton dan Nagari Koto Malintang dua ton pada Senin.

Ke-362 ton ikan jenis nila dan mas berbagai ukuran itu, tambahnya, milik puluhan petani.

“Kerugian akibat kematian ikan itu sekitar Rp 7,2 miliar dengan perkiraan harga Rp 20 ribu per kilogram,” katanya.

Ia mengakui, kematian ikan secara massal itu terjadi setelah curah hujan disertai angin kencang melanda daerah itu.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA memastikan bahwa perseroan tidak terlibat dalam pembuatan bursa kripto dengan PT Telkom Indonesia Tbk. dan Binance Holdings.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn membantah telah terjadi pembicaraan antara perusahaan dengan Telkom dan Binance Holding perihal pembuatan perusahaan pertukaran perdagangan mata uang kripto (cryptocurrency). BCA memastikan informasi yang disampaikan sumber anonim Bloomberg mengenai pembuatan bursa kripto yang melibatkan BCA di dalamnya, adalah tidak benar.

“Dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar. Manajemen BCA tidak pernah mendiskusikan hal tersebut,” kata Hera kepada Bisnis, Minggu, 12 Desember 2021.

Sebelumnya, dalam berita yang berjudul ‘Binance Weighs Crypto Venture With Richest Indonesian Family (1)’, Bloomberg melaporkan bahwa BCA tengah melakukan pembicaraan untuk membangun tempat pertukaran perdagangan cryptocurrency di Tanah Air bersama PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) dan Binance Holdings Ltd. Binance Holdings adalah pusat perdagangan kripto terbesar di dunia.

Sumber Bloomberg yang mengetahui masalah tersebut tetapi enggan mempublikasikan namanya mengatakan, Telkom, Bank BCA dan Binance Holdings sedang melakukan diskusi untuk mendirikan perusahaan pertukaran perdagangan mata uang kripto atau cryptocurrency.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali selama 3 pekan ke depan atau hingga 3 Januari 2022.

Menurut Luhut, sebanyak 10 Kabupaten/Kota di wilayah Pulau Jawa dan Bali kini berstatus PPKM Level 3 berdasarkan asesmen per 11 Desember 2021 atau 7,8 persen dari total 128 Kabupaten/Kota yang ada.

Pada saat yang sama, katanya, terdapat 13 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Level 1, tetapi 4 Kabupaten/Kota yang naik ke Level 2.

“Detail mengenai informasi ini akan disampaikan melalui Inmendagri yang akan berlaku selama tiga minggu ke depan,” katanya dalam konferensi pers, dikutip dari Instagram Live Sekretariat Presiden, Senin, 13 Desember 2021.

Luhut menilai, capaian tersebut menjadi gambaran bahwa penerapan PPKM yang masih terus dilakukan di Jawa Bali.

Baca berita selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.