Memahami Sejarah dan Tujuan Dibentuknya PAFI

Sejak momentum Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, keberadaan Ahli Farmasi Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjalanan pembangunan negara.

Dengan semangat dan dedikasi, mereka berjuang bersama seluruh lapisan masyarakat untuk menghapuskan bayang-bayang penjajahan dari tanah air dan turut serta aktif dalam upaya mempertahankan kesatuan Republik Indonesia. Seiring waktu, peran Ahli Farmasi Indonesia bukan hanya terbatas pada aspek kesehatan, tetapi juga menjadi potensi vital dalam pembangunan masyarakat dan negara.

Peran Strategis Ahli Farmasi Indonesia

Sebagai elemen kunci pembangunan, Ahli Farmasi Indonesia terus berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan umum, terutama dalam sektor kesehatan masyarakat dan farmasi.

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari mereka, Ahli Farmasi Indonesia tidak sekadar menjalankan fungsi profesional, melainkan juga turut serta dalam upaya memajukan taraf kesejahteraan masyarakat luas.

Pada tanggal 13 Februari 1946, sebagai langkah nyata untuk mengorganisir dan menyatukan kekuatan Ahli Farmasi Indonesia, terbentuklah suatu organisasi yang diberi nama “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” atau yang lebih dikenal dengan singkatan “PAFI.”

Berpusat di kota Yogyakarta, PAFI didirikan untuk menjadi wadah bagi semua tenaga yang berbakti di bidang farmasi, menciptakan suatu forum yang memungkinkan mereka bersatu dalam semangat pengabdian kepada negara dan masyarakat.

Visi dan Misi PAFI

PAFI, dengan Pengurus Pusatnya, menjelma menjadi lembaga yang memiliki kedudukan penting dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, senantiasa berpegang teguh pada dasar negara Pancasila. Sebagai organisasi profesi, PAFI memegang prinsip kekaryaan dan pengabdian, mencerminkan komitmen tinggi terhadap peran dan tanggung jawab yang diemban.

Apa Saja Tujuan Didirikannya PAFI?

Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur dengan Berdasar Pada Pancasila dan UUD 1945

PAFI bertekad untuk mendukung visi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian, Ahli Farmasi Indonesia tidak hanya menjadi pelaku utama dalam sektor kesehatan, tetapi juga pionir dalam mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh lapisan masyarakat.

Menciptakan Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

Sebagai garda terdepan di bidang kesehatan, PAFI berkomitmen untuk memastikan tercapainya derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui inovasi, edukasi, dan aksi nyata, Ahli Farmasi Indonesia berupaya menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui aspek kesehatan.

Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

PAFI tidak hanya menjalankan peran sebagai wadah profesi, tetapi juga sebagai agen pembangunan di sektor farmasi. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan standar farmasi, PAFI berusaha menjawab tuntutan zaman untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan inovatif.

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Kesejahteraan anggota menjadi fokus utama PAFI. Melalui berbagai program dan kebijakan, PAFI berupaya meningkatkan kesejahteraan para ahli farmasi, mengakui peran mereka sebagai tulang punggung pembangunan kesehatan dan farmasi di Indonesia.

PAFI, sebagai lembaga profesi, harus menghadapi berbagai tantangan yang terus berkembang seiring dengan dinamika masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam menghadapi tantangan tersebut, PAFI diharapkan dapat tetap menjadi pionir dalam merumuskan solusi dan strategi yang inovatif, sejalan dengan misinya untuk mendukung pembangunan Indonesia.

Ahli Farmasi Indonesia, melalui PAFI, bukan sekadar aktor dalam sejarah perjuangan kemerdekaan, tetapi juga penentu arah pembangunan masa depan. Dengan visi, misi, dan tujuannya, PAFI menjelma menjadi pilar kuat dalam mengadvokasi kesejahteraan masyarakat melalui sektor kesehatan dan farmasi.

Sebagai garda terdepan, PAFI harus terus beradaptasi dan berinovasi untuk menjawab tuntutan zaman, menjaga integritas profesi, dan memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan negara. Untuk Anda semua yang saat ini masih belum tergabung dalam PAFI, mari segera daftarkan diri dengan mengunjungi https://pafi.id/. Untuk proses pendaftaran sendiri cukup mudah dan cepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *