Libur Akhir Tahun, 5 Kota ini Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Libur akhir tahun selalu menjadi momen yang dinantikan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, pasangan maupun teman. Berwisata ke destinasi liburan yang menarik di dalam negeri tentu bisa menjadi pilihan tepat.

Terlebih saat ini, sebenarnya tempat wisata sudah bisa didatangi dengan sejumlah pembatasan dan protokol kesehatan ketat. Maka, saat ingin pergi berlibur, jangan lupa untuk mengetahui informasi terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di kota yang akan dituju pada masa libur Natal dan Tahun Baru.

Cermati pula syarat perjalanan yang akan diperketat. Untuk perjalanan jauh dalam negeri, pemerintah mewajibkan vaksinasi lengkap dan menyertakan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk anak-anak, menyertakan hasil PCR negatif berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1×24 jam untuk perjalanan laut. Sementara itu, jika belum divaksinasi lengkap, tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan jauh.

Sebaiknya siapkan agenda libur akhir tahun dari sekarang untuk memastikan segala kebutuhan dan persyaratan bisa terpenuhi. Berikut adalah destinasi wisata di Indonesia yang selalu jadi pilihan di libur akhir tahun:

Yogyakarta

Kota dengan tagline Jogja Istimewa ini sudah menjadi destinasi favorit banyak pelancong di dalam maupun luar negeri. Kota yang terkenal dengan kuliner gudeg ini menjadi pusat wisata yang selalu ramai setiap tahun.

Yogyakarta menawarkan pilihan destinasi wisata budaya dan sejarah yang tersebar di seluruh penjuru kota. Beberapa spot terpopuler yang wajib dikunjungi seperti Jalan Malioboro, Tugu Jogja, Taman Siswa dan masih banyak lainnya. Selain destinasi mainstream, Yogya punya spot kekinian yang sekarang sudah ramai, yakni Bukit Pengilon, Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Kalibiru, Taman Pelangi dan lainnya.

Bali

Pulau Dewata rasanya selalu berada dalam top of mind bagi destinasi liburan. Didatangi jutaan wisatawan setiap tahunnya, Bali menyimpan pesonanya tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang.

BAli terkenal dengan keindahan pantainya. Tak heran jika pelancong terus datang kembali ke sini untuk menikmati keindahan alamnya.

Para pencinta olahraga ekstrem seperti selancar, Pulau Nusa Lambongan lah tempatnya. Bali juga menawarkan arung jeram kelas satu yang memompa adrenalin di Sungai Ayung di dekat Ubud. Jangan lupa untuk membeli buah tangan dari Bali di pasar suvenir di Sukowati. Beragam suvenir juga bisa ditemukan dengan mudah di tempat-tempat populer seperti Kuta, Sanur, dan Seminyak.

Lombok

Pulau yang bersebelahan dengan Bali ini pun menawarkan daya tarik yang memesona untuk para wisatawan. Di Lombok, wisatawan bisa mengunjungi banyak pantai indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Ada beberapa pilihan terbaik yang bisa dikunjungi seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Pantai Sekotong, Pantai Pink, Pantai Kuta dan lainnya. Para pecinta alam dan penikmat gunung, di Lombok terdapat Gunung Rinjani, salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia yang mampu memikat para pendaki. Selain itu, di sini wisatawan dapat mengunjungi desa-desa tradisional dan bergabung dengan penduduk lokal suku Sasak untuk merasakan kehidupan sehari-hari mereka di desa tenun Sade dan Rambitan.

Bandung

Ibu kota Jawa Barat ini adalah kota yang mendapatkan daya tarik sebagai tujuan kreatif. Sebagai anggota jaringan Kota Kreatif UNESCO, Bandung berupaya menampilkan keragaman budaya melalui desain dan solusi kreatif.

Bandung sangat populer dikalangan wisatawan karena berada di ketinggian dan iklim pegunungan yang sejuk. Bandung adalah tempat yang tepat dikunjungi untuk berbelanja dan menikmati alam dan makanannya yang luar biasa.

Malang

Malang merupakan kota dengan tempat wisata populer terbanyak di Jawa Timur. Malang memiliki banyak spot wisata family friendly yang beda dengan kota lainnya. Di sini, wisatawan bisa menemukan destinasi wisata beragam, mulai dari tempat wisata alam hingga atraksi menyenangkan.

Malang juga memiliki keindahan alam Pantai Ngliyep atau Pantai Tiga Warna. Suguhan pemandangan di pantai ini indah banget dan menyenangkan. Destinasi wisata untuk keluarga yang cocok untuk libur akhir tahun adalah Malang Night Paradise, Jatim Park, Hawai Waterpark dan masih banyak lainnya.

ANDINI SABRINA | BISNIS | INDONESIA TRAVEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.