Latihan Kardio Setiap Hari Tak Efektif Bantu Menurunkan Berat Badan

Jika menurunkan berat badan hanya tentang membakar kalori sebanyak mungkin, rencana penurunan berat badan akan mudah. Anda hanya melakukan lari jarak jauh, latihan kardio, atau bersepeda setiap hari. Memang benar bahwa kardio baik untuk menurunkan berat badan, tetapi Anda tidak boleh melakukan kardio setiap hari untuk menurunkan berat badan.

Itu karena kardio harian tidak hanya membosankan, yang membuatnya sulit untuk dilakukan secara konsisten, tetapi juga tidak efisien dibandingkan dengan rutinitas latihan yang lebih beragam yang mencakup latihan kekuatan. Faktanya, membangun otot memiliki lebih banyak efek positif pada metabolisme Anda daripada sesi jalan kaki, lari, dan bersepeda yang Anda lakukan untuk kardio. Idealnya, keduanya akan dimasukkan dalam rutinitas latihan Anda, yang berarti Anda tidak ingin memaksimalkan kardio setiap hari.

Memang benar bahwa semakin banyak latihan kardio yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. Itu sangat membantu untuk menghilangkan lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan, kata Tom Holland, ahli fisiologi olahraga dan penasihat kebugaran Bowflex. Namun sangat penting untuk menggabungkan jenis latihan lain, terutama latihan kekuatan, ini alasannya.

1. Latihan kekuatan membantu metabolisme Anda

Latihan kekuatan mungkin tidak membakar banyak kalori pada saat itu, tetapi membangun otot meningkatkan metabolisme Anda, yang berarti Anda membakar lebih banyak kalori bahkan ketika Anda sedang beristirahat. “Latihan kekuatan adalah komponen yang kuat dan penting dari penurunan berat badan,” kata Holland kepada POPSUGAR. “Jadi hanya melakukan latihan kardio bukanlah pendekatan yang paling efektif.”

2. Melakukan kardio setiap hari dapat menyebabkan cedera

Jika Anda hanya melakukan satu jenis latihan, setiap hari, Anda menempatkan tubuh Anda pada risiko cedera berlebihan. Kardio adalah penyebab utama hal ini karena gerakan seperti berlari dan melompat memberi banyak tekanan pada persendian Anda. Melukai diri sendiri dari rutinitas latihan Anda pasti akan menjadi kemunduran bagi tujuan penurunan berat badan Anda.

3. Mencampur rutinitas latihan Anda membuat Anda tetap terlibat dan termotivasi

“Semakin Anda mencampuradukkan latihan Anda, semakin besar manfaat fisik dan mentalnya,” kata Holland. Rutinitas latihan dengan banyak variasi lebih menantang bagi tubuh Anda dan menarik bagi pikiran Anda, yang akan membuat Anda tetap di jalur dan termotivasi ketika rutinitas yang lebih membosankan mungkin membuat Anda lelah.

“Untuk klien saya dengan tujuan penurunan berat badan, saya ingin mereka melakukan kombinasi latihan kardio dan ketahanan seperti angkat besi. Keduanya penting untuk pengurangan lemak tubuh,” kata Austin Johnson, NCSF, pelatih pribadi bersertifikat untuk Gold’s Gym.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.