Apa Saja Nutrisi Untuk Otak Anak

Usia anak anak adalah usia perkembangan setiap organ tubuh pada anak, mulai dari tulang, otak dan juga hal-hal lainnya yang sifatnya penting dalam tubuh.

Khusus bagi otak, tubuh anak anda membutuhkan nutrisi tertentu untuk membantunya dalam hal kecerdasan dan juga kekuatan dalam daya ingat.

Lalu, apa saja nutrisi untuk otak anak dan juga makanan apa saja yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Berikut pemaparannya.

  1. Omega 3 dan 6

Dua jenis omega ini, yakni omega 3 dan juga omega 6 adalah kedua jenis asam lemak yang memiliki manfaat untuk tubuh. Dalam istilah populer dua jenis omega ini biasa juga disebut dengan AA dan DHA.

Dari sisi fungsinya, dua jenis omega ini bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan otak anak. DHA secara teori dapat membangun 8 persen dari berat otak dan dapat mengoptimalkan fungsi otak pada anak.

Adapun, makanan yang banyak mengandung omega 3 dan 6 diantaranya adalah ikan salmon, kacang kacangan dan juga jenis susu formulasi tertentu.

  1. Zat Besi

Selain omega 3, zat besi juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dari zat besi diantaranya adalah untuk pembentukan sel darah merah yang akan mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh manusia.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia atau kekurangan darah dan menimbulkan gejala penyakit tertentu seperti misalnya mudah lemas, kurang bergairah dan juga muka pucat.

Zat besi sendiri dapat anda dapatkan pada berbagai jenis makanan seperti misalnya daging merah, daging ayam, brokoli dan juga berbagai jenis kacang kacangan.

  1. Nutrisi Lain

Selain omega dan juga zat besi, masih banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah kolin, vitamin B12 dan juga folat.

Kolin adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu kolin juga berguna untuk pembentukan suatu zat untuk memindahkan kolesterol yang biasanya ada pada liver dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan.

Itulah tadi beberapa nutrisi yang harus ada dalam tubuh anda. Pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi setiap hari mengandung nutrisi agar tubuh anda bisa sehat dan juga memiliki gizi yang seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.